Tuesday, January 29, 2013

Fieldtrip


Jadi ceritanya Mahasiswa Jurusan Sistem Informasi angkatan 2009 Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya baru pulang fieldtrip Palembang – Jakarta – Bandung – Yogyakarta. Semacam fieldtrip-fieldtrip pada umumnya udah pasti banyak banget cerita suka duka sakit seneng bahagia ngantuk capek pegel dan ngga mandi berhari-hari bersama. Segelintir hal yang bakal diceritain di sini adalah hal-hal yang pengen aku inget dan aku baca ulang dihari tua nanti sambil senyum-senyum genit. Oke, perjalanan dimulai dengan munculnya julukan-julukan ngga jelas yang ntah dari mana datangnya. Ada si kanjeng mami sang bendahara yang jadi mami-nya anak-anak sampe semua dosen pun manggil beliau kanjeng mami. Pasangan kanjeng mami ada Papi si pria penghibur yang perhatian, yang suka nari perut ala Olga, yang selalu jadi tangan kanan pengamen, yang punya ‘Masa Depan’ di bus sebelah. Ada Mbah, Nyai, Amak, Nini Kiput, dan Aki yang suka nyirih bareng. Ada pasangan Bundadari dan Ayahdari yang notabene selalu ketipu, contohnya ketipu dodol 5kotak 20ribu ternyata satu kotak isinya cuma 12biji. Ada Cirippa dan Bulgoso yang kalo diliat-liat emang agak mirip sih ya hehe tapi cuma dikit kok. Dan ada Israil yang sampe sekarang masih jadi misteri kenapa dijulukin gitu... ada juga pasangan Gaston & Jupe. Dan aku sendiri dipanggil ‘Bebeb’ such a cute name sih dipanggil semua orang dengan bebeb itu kayak disayangin semua orang.

Hari pertama
Jujur aja yang paling sangat amat diinget dari main di Dufan cuma kanjeng mami yang ngotot main kora-kora bareng Nini kiput, alhasil nini kiput muntah-muntah di atas kora-kora dan kanjeng mami ketuleran mual. Ada lagi oknum 'W' yang muntah-muntah ganteng di atas ontang anting, kebayang kan muntahnya menyebar ke seluruh kota Jakarta. Kami pun akhirnya cuma duduk manis makan popcorn ala nonton bioskop di Dufan. Oya ternyata rasanya naik Hysteria itu kayak punya pacar udah ngayal tinggi-tinggi terus dijatuhin gitu aja. Jleb.

Sakit..
Pilek, pusing, pegel sih udah biasa yaaa tapi kalo kaki kanjeng mami keram agak bikin panik seluruh rakyat Indonesia. Apa jadinya anak-anak kalo kanjeng mami sakit... Semua panik. Bumi gonjang ganjing. Malam jadi siang. Siang jadi malam. Tapi alhamdulillah setelah doa bersama tanpa  tidur bermalam-malam, kanjeng mami kembali sehat seperti semula, bahkan kanjeng mami jadi lebih lincah. Next day giliran bis sebelah yang salah satu anggotanya sakit, yang ini kita semua lebih panik dari sakitnya kanjeng mami, gimana enggak kita sampe nyariin dokter tengah malem.. Dan lagi-lagi karna emang Allah SWT itu baik banget, kita selalu diberi kelancaran, semua sehat, semua bahagia, perjalanan berlanjut..

Kamar 413
Kalo di kamar lain maksimal 4 orang, kamar aku agak sedikit spesial karna berisi 6 orang. Masalah kamar ini juga agak bikin ribet semua orang sih, dari harus mindahin kasur, mintain bantal kamar lain, antri mandi yang harus dari jam 5 pagi, kamar yang jadi super sempit dengan tumpukan barang dan yang paling klimaks adalah.... Jadi ceritanya malem itu kita semua udah tidur sampe ada bbm dari papi yang bilang kalo 2 temen kita abis denger suara "hihihihi..." pas lewat di depan salah satu kamar. Kita semua mendadak gak bisa tidur sampe pagi, aku merinding kayak ada yang meluk dari belakang, Nini kiput langsung pindah tidur di antara kita dan bikin makin sempit, Uni amak udah tidur tiba-tiba kebangun mimpi buruk. Malam yang suram. Besoknya cowok-cowok bilang kalo itu cuma suara burung, tapi malemnya mereka lagi-lagi nakut-nakutin kita cewek-cewek yang rapuh dan butuh dilindungi ini. Oknum "W" bilang barusan ngeliat bayangan di kamar kita, kamar 414. Iya kamar 414, yang di sebelahnya kamar 412, nggak ada kamar 413. Suasana makin mencekam, 4 cewek-cewek pada teriak keluar kamar dan puncaknya mereka semua nangis-nangis manja. Nini nangis, "huaaa ternyata hiks kamar 413 hiks emang hiks gak ada hiks gimana hiks ini hiks..". Kanjeng mami ngamuk marahin cowok-cowok yang udah bikin anak-anak ceweknya nangis, akhirnya oknum "W" bilang kalo sebenernya dia nggak liat apa-apa dan Ketupel langsung turun tangan ngejelasin kalo hampir di seluruh hotel ngga ada yang mau pake room dengan angka 13. Suasana jadi lebih tenang, aku gak ikutan panik soalnya lagi siap-siap ketemu sepupu iya yang kemarin itu cuma sepupuuuu kok...hahaha. Malem itu, Nini kiput ngungsi tidur ke kamar sebelah dan kami pun tidur nyenyak nyaman aman tenang, ternyata yang bikin merinding gak bisa tidur itu si Nini kiput kikikikikik. Besoknya oknum "W" bilang sebenernya dia emang liat bayangan lalalala yeyeye.

Makan - Tidur - Bercanda
Begitulah siklus yang terjadi di dalem bis setiap harinya, kalo ngga makan ya tidur, kalo ngga tidur ya becanda, kalo ngga becanda ya makan... Waktu kami emang habis di jalan melulu. Kalo punya makanan di bis jangan berharap bisa makan sendirian deh, pasti ketahuan aja sama yang lain, mereka itu semacam punya radar sensor makanan dan kalo udah ketahuan jangan berharap kamu bisa makan dengan santai, rebutan makanan itu bisa sampe pertumpahan darah loh :') dan setiap kali kita lewat minimarket itu kayak orang yang lagi di padang pasir liat air, bawaannya mau mampir jajaaaann teruuuuuuusss dan penutup jajan di minimarket terakhir sangat indah soalnya kita semua ditraktir si kakak milanisti sejati dari lahir :D Tidur juga ngga bisa nyenyak, kalo udah ada satu yang bangun, yang lain pasti ikutan kebangun. Moment paling romantis di dalem bis adalah saat lagu "A Thousand Years" diputer berulang-ulang kali dan berulang-ulang kali juga kita nyanyi bareng. Main tebak-tebakan ala kuis uya kuya juga jadi bahan buat ngabisin waktu, misalnya clue nya ada di tubuh manusia.
Organ tubuh manusia? Tidak.
Rambut? Bukan.
Benyek? Bisa jadi.
Keras? Bisa jadi.
Bisa Dijilat? Ya, kalo mau.
Di hidung? Ya.
Nyeraaahhh...
Jerawat.
Gitu deh kira-kira tebak-tebakannya...

Belanja
Urusan belanja ternyata cowok lebih membabi buta daripada cewek, serius belanjaan mreka lebih banyak. Tapi para cowok udah paling males kalo bawa belanjaannya ke bis dan ditanyain harga sama cewek-cewek pasti jawabannya langsung, "ih mahaaaal" "tadi aku dapet lebih murah loh" "kenapa gak nanya kita dulu sih?" "coba sama aku bisa aku tawarin" hahahahaha kebayang kepala mereka udah mau pecah. Moment belanja yang lucu adalah pas di Mirota, kanjeng mami sibuk nemenin Kc nyari oleh-oleh yang maunya mahal. Tiba-tiba dateng Papi dengan wajah memelas, "Mentang-mentang aku nyari oleh-oleh murah gak ditemenin, daritadi nemenin Kc yang nyari oleh-oleh mahal terus" awkward moment~ ini semacam kurang lucu diceritain di sini, tapi percayalah kalo kamu ada di TKP waktu itu, kamu ngga akan berhenti ketawa. Percayalah. Percayalah kepada Allah SWT.

Salak
Dikit aja yaaaa tentang salak yaaaa sebenernya nggak penting-penting amat yaaa tapi 20kg salak di dalem bis itu agak ganggu yaaa, punya Nini kiput yaaaa gak boleh dimakan yaaa akhirnya di malingin anak-anak yaaaa dibantuuu yaaaaa hahahahaha


Malam di Malioboro 
Malam di Malioboro adalah malam yang sangat panjang dengan perjalanan kaki yang sangat panjang namun tidak terasa begitu panjang karna aku melewatinya bersama kalian. Ahaydee. Semoga kalian semua selalu inget malem itu ya, malem itu walaupun kita semua udah capek tapi kita sangat menikmati keindahan malam di Jogja, kita makan gudeg yang manis, oseng mercon yang pedes, wedang jahe yang juga pedes, ada yang makan jengkol yang ngakunya gak bakal bikin bau tapi ternyata.......  hahaha. Dan the sweetest moment di malam itu adalah, pertemuan Kc dengan separuh jiwanya "bang bagi duitnya dong bang..."

Sekian dan terimakasih dulu deh cerita-ceritanya. Time goes by so fast when you're having fun.

Buat Pak Fathoni, Ibu Ermatita & Ibu Hardini,
Makasih udah jadi Ayah & Ibu kita selama 8 hari, udah sangat perhatian, pengertian, udah meluangkan waktu dan tenaga buat jagain kita. Ribuan terima kasih juga nggak akan pernah cukup :')
Buat Mbak Yesi & Talenta Crew,
Makasih buat perjalanan yang aman & menyenangkan, walaupun banyak hal-hal yang mungkin menimbulkan kesalahpahaman tapi semuanya pasti udah melakukan yang terbaik. Mbak Yesi pasti juga capek :)
Buat para panitia, 
Makasih udah capek-capek buat terselenggaranya fieldtrip ini, tanpa kalian semua ini ngga akan pernah terwujud. Makasih juga buat semua perhatiannya :")
Buat temen-temen sekamar,
Makasih udah berbagi kamar, berbagi tempat tidur, berbagi kamar mandi, berbagi selimut, udah bangunin pagi-pagi buat sholat subuh. Walaupun selalu bilang pengen cepet nyampe kamar terus langsung tidur tapi kita selalu ngobrol-ngobrol cantik dulu sebelum tidur :)
Buat temen-temen SI09, 
Berjuta-juta terimakasih buat kalian semua. Ngga ngerti lagi harus bilang gimana. Kalian semua luar biasa, luar biasa perhatian, kalo diem dikit pucet dikit langsung ditanyain kenapa sakit ya? Itu perhatian yang paling tulus & paling manis. Kanjeng mami yang selalu ngingetin buat minum air putih. Kalo ada yang bikin status aneh-aneh juga saling tanya kenapa. Kita bener-bener saling jaga satu sama lain. Kalo jalan-jalan, yang cowok selalu jagain cewek-cewek dari belakang. Kalo tidur di kapal juga cowok-cowok ada dipinggir buat jagain cewek-cewek. Dari sarapan, makan siang, makan malem selalu bareng. Walaupun hampir setiap hari kehujanan tapi kita ngga sakit karna kita semua lagi terlalu seneng untuk sakit. Semoga kalian semua selalu inget kebersamaan kita ini ya, semoga tali silahturahmi kita selalu terjaga sampai kapanpun dan kata-kata terakhir kita saat satu per satu turun dari bis, "Sampai Ketemu Pas Wisuda Yaaaah!" itu..semoga..bener-bener...teruwujud.. AMIN
Special thanks to, Risty Beni Geni Mira Alvin Wenny Reny Welly Randi Wandri Yudha Sakalvin Mutik Kak Fenty Mamik dan semuanya :) 
Buat Para Pedagang,
Kalo ditawar jangan marah-marah eaa, namanya juga mahasiswa eaa. Dan kalo nawarin di bis kalo kita bilang ngga mau yaudah jangan dipaksain eaa. Hal yang dipaksain itu ngga akan berakhir dengan indah eaa. Kecuali buat Uda Andre, urang awak cabiak cabiak, bara no hp Uda?
Buat Semuanya,
Maaf yaaaa kalo selama fieldtrip maupun selama cerita di atas banyak salah. Mohon di maafkan ya. Salam sek sek sek ojo nesu...



If someone asked me what the greatest moment of my life.. I’m gonna said this is one of the greatest moment of my life :”)